Teknologi

Virtual Reality Glasses

Virtual Reality

Administrator | Kamis, 03 September 2015 - 20:43:53 WIB | dibaca: 1050 pembaca

Macam-macam Virtual Reality Glasses

Banyak orang yang belum mengenal VR dan ingin mencoba VR mungkin agak sedikit kebingungan. Mana yang harus dibeli. Jika kebetulan ada teman yang memiliki tentu lebih mudah untuk memilih karena ada referensi dan bisa mencoba langsung. Sementara Google Cardboard atau VR headset sangat banyak variannya. Berikut adalah panduan virtual reality untuk pemula.

Mana yang lebih cocok sangat tergantung dengan handphone yang kita punya. Jangan sampai sudah membeli ternyata tidak kompatibel atau tidak maksimal dengan smartphone yang kita gunakan. Terus jika benar serius ingin merasakan dunia VR .. bagaimana cara memilihnya ? Ikuti tanya jawab berikut.

“You take the blue pill, the story ends. You wake up in your bed and believe whatever you want to believe. You take the red pill, you stay in Wonderland, and I show you how deep the rabbit hole goes.”

Langkah Memilih Google Cardboard atau VR Headset

1. Apakah handphone anda adalah Samsung Galaxy S6, S6 Edge, S7, S7 Edge, Note 5 ?
    • Jika iya apakah anda mau mengeluarkan uang Rp 1.5 juta ?
      • Jika mau jangan ragu untuk membeli Gear VR demi pengalaman VR mobile terbaik
      • Jika tidak maka pilih cardboard V2 premium dengan harga 250rb
    • Jika bukan maka lanjut ke no. 2 >>
2. Apakah smartphone anda memiliki sensor gyroscope ? Cek dengan aplikasi EZE VR
    • Jika tidak maka beli google carboard yang paling murah, banyak tersedia di toko online dengan harga di bawah 50rb. Anda masih bisa menikmati beberapa aplikasi 3D meski tidak begitu smooth cocok buat nonton film.
    • Jika iya maka lanjutkan ke no. 3 >>
3. Sensor handphone lengkap… apakah anda memiliki keterbatasan budget ?
    • Jika iya maka langsung ke no. 4 >>
    • Jika tidak ada batasan budget maka langsung ke no. 5 >>
4. Berapa budget yang anda miliki ?
    • Budget < 100rb –> beli google cardboard value edition di online shop
    • Budget < 150rb –> beli google cardboard V1 standard
    • Budget < 200rb –> beli google cardboard V1 premium
    • Budget < 250rb –> beli google cardboard V2 premium
    • Budget < 300rb –> beli VR headset buatan China dari plastik tetapi jangan milih sembarangan. Pilih merk-merk yang reputasinya bagus. Misal Fiit VR 2N, Baofeng Mojing III, BoboVR Z3 atau SVR.
    • Budget di atas 500rb –> beli VR headset Freefly VR atau Homido atau buatan China dengan pilihan : Baofeng Mojing IV atau BoboVR Z4 atau SVR. Lakukan review mana yang paling cocok dengan handphone anda.
5. Jika tanpa batasan budget .. berapa inci diagonal layar handphone anda ?
    • kurang dari 4 inci –> tidak bisa, jangan beli, coba pertanyaan no. 6 >>
    • 4 – 4.7 inci –> beli google cardboard V1 premium
    • 4.7 – 6 inci –> beli google cardboard V2 premium atau Homido atau Freefly VR atau Baofeng Mojing IV atau BoboVR Z4 atau SVR Glass atau Fiit VR2.
6. Apakah anda memiliki game console Playstasion 4 atau PC khusus game ?
    • Jika tidak, maka beli handphone yang disebut di no.1 bundling Gear VR atau selesai .. tetaplah di dunia nyata.
    • Jika iya lanjut ke no. 7 >>
7. Apalah console anda Playstation 4 ?
    • Jika iya –> beli Playstation VR dengan harga sekitar Rp. 5jt (baru keluar di bulan Juli 2016)
    • Jika tidak –> apakah PC game memiliki video card setara NVIDIA GTX970 ?
      • Jika iya –> beli Oculus Rift dengan harga sekitar Rp. 8jt atau HTC Vive harga sekitar Rp. 10jt.
      • Jika tidak –> updgrade video card atau selesai … tetaplah di dunia nyata

 

1. Google Cardboard V1

Jika handphone anda memiliki ukuran layar di bawah 5″, ini adalah pilihan terbaik. Google telah mendesain Carboard v1 ini dengan sangat teliti, memungkinkan handphone Android dan bahkan iPhone 5 lawas untuk dapat digunakan menikmati VR meski dengan keterbatasan-keterbatasan seperti FOV tidak cukup lebar (sekitar 80°), cara menyusunnya yang lumayan sulit.

Lensa-nya yang kecil membuatnya tidak terlalu distorsi pada bagian tepi sehingga mendapatkan ketajaman hampir disemua bagian. Anda bisa mendapatkan Cardboard v1 dengan harga beragam dari 30rb-an hingga 180rb (premium, seperti yang dijual di website ini).

2. Google Cardboard V2

Karena Carboard v1 dirasa kurang mendukung banyak headset terutama layar lebar, diluncurkanlah Google Carboard v2. Mampu menampung handphone dengan layar hingga 6″. Semakin besar layar tentu semakin baik, FOV akan terasa lebih lebar (100°) sehingga VR juga terasa lebih mantap.

Dengan ukuran lensa yang lebih besar, hasil dari Cardboard V2 agak terdistorsi di bagian tepi .. tetapi itu memang konsekuensi karena lensa yang digunakan bukanlah lensa canggih seperti Oculus, yang tentunya sangat mahal harganya.

Anda bisa mendapatkan Cardboard v1 dengan harga beragam dari 100rb-an hingga 250rb (premium, seperti yang dijual di website ini).

 

3. Freefly VR

Freefly VR sangat bagus dari segi material, plastik berkualitas tinggi, ringan, foam yang lembut dan nyaman, headstrap yang kuat, lensa yang besar menjanjikan FOV sedikit lebih lebar dari Google Cardboard V2 (sekitar 120°), mekanisme pemasangan handphone yang meski agak rumit, tapi cukup mampu mengakomodasi berbagai jenis ukuran handphone. Harganya memang lebih mahal karena didesain di negara UK, diproduksi di China dan dikirim dari UK.

Kelemahan dari VR headset ini adalah tidak bisa disetting jarak antar lensanya, sehingga IPD fixed pada ukuran tertentu yaitu sekitar 65mm. Saya sendiri memiliki IPD lebih lebar yaitu sekitar 70mm, sehingga memberi efek sedikit blur pada bagian tengah. Meski tidak begitu blur, tetapi cukup mengganggu karena bagaimanapun yang paling banyak kita tatap adalah bagian tengah.

Harga sekitar $70 belum termasuk ongkos kirim dari Eropa ke Indonesia sekitar $30. Jadi total $100 .. saya tidak merekomendasikan VR headset ini, kecuali anda memiliki IPD sekitar 65mm dan handphone high-end seperti LG G3/G4/G5, Nexus 6 atau Samsung Galaxy S6/S7.

4. Samsung Gear VR

Gear VR merupakan opsi terbaik untuk VR headset yang mobile karena merupakan versi konsumer pertama kerjasama antara Samsung dan Oculus. Content VR yang ada di Oculus Store dijamin berkualitas tinggi, tentunya dengan mengeluarkan sedikit $ karena sebagian besar berbayar.

Kelebihannya dibandingkan Google Cardboard adalah pada Gear VR terdapat sensor gyro dedicated di headset-nya, jadi tidak menggunakan sensor pada handphone. Dengan begini, aplikasi VR dijamin tanpa lag dan responsif, photon latency di bawah 20ms dan frekuensi stabil di 60Hz. Ini memberi efek sangat baik pada mata, membuat lebih tenggelam dan terasa berada di dunia VR.

Kelemahannya adalah FOV masih cukup rendah, yaitu 96°. Beberapa orang melakukan mod pada lensa dan foam untuk menaikkan FOV-nya hingga 100 derajat. Bagi yang memiliki handphone Samsung Galaxy S6, S7 atau Note 5 sangat disarankan membeli gear VR dengan harga $99 atau sekitara 1.5 juta rupiah.

Bagi yang tidak memiliki handphone Samsung dan ingin membelinya untuk digunakan di gear VR, saya sarankan ke Bukalapak dan beli yang Galaxy Note 5 second yang harganya paling murah bisa Rp 6 juta. Samsung Note 5 memiliki FOV paling baik dibandingkan yang lain.

 

5. VR Headset China

Untuk VR headset buatan China saya hanya menyarankan merk-merk ini : BoboVR Z3 atau Z4, Fiit VR 2N, Baofeng Mojing 4 dan SVR Glass. Ketiganya memiliki lensa besar dan FOV cukup baik antara 90 – 120° sangat tergantung ukuran layar handphone. Dan ketiganya memiliki setting yang lebih baik bahkan dibandingkan gear VR, yaitu terdapatnya dial untuk menentukan jarak IPD lensa dan dial untuk mengatur jarak fokus lensa.

Dari berbagai review paling mendekati perfect adalah BoboVR Z4. Selain lensa yang katanya cukup tajam, mekanisme setting yang mudah, headstrap yang kuat sehingga headset tidak terasa berat .. Z4 juga disertain built-in headphone. Jadi praktis gak pakai ribet pakai headphone eksternal. (Nanti akan ada detail review).

Harganya sangat beragam, jika dapat kupon diskon di gearbest.com misalnya, yang harganya $50-an bisa turun hingga $30. VR headset China juga sering sekali keluar versi baru, sehingga yang versi lama cepat juga kebanting harganya, misal BoboVR Z3 harganya ada yang $18.

Sekali lagi pengalaman terbaik tidak hanya ditentukan oleh headset, tetapi juga handphone yang digunakan. Rekomendasi terbaik saat ini adalah kombinasi antara LG G3/G4/G5 series dan BoboVR Z4 atau Fiit VR 2N.

6. Playstation VR

Bagi yang sudah memiliki console game Playstation 4, ini adalah the best option untuk terjun ke dunia VR. FOV sekitar 90° dan layar memiliki refresh rate tertinggi hingga 120Hz. Berbagai game unik khas Jepang akan dirilis bersamaan dengan peluncuran produk secara masspro pada bulan Juli 2016. Belum banyak review terkait produk ini.

Harga akan terletak dikisaran $400, sayangnya Playstation VR belum memiliki tracking dan input seperti Oculus dan HTC Vive.

7. Oculus Rift

Oculus yang didirikan Palmer Luckey adalah pioneer dan yang paling bertanggung jawab dengan boomingnya VR di tahun-tahun ini. Dengan dana tak terbatas dari Facebook, Oculus mampu menghadirkan Rift sebagai VR headset terbaik. Detail review tidak akan dibahas di sini, yang pasti … gimana ya… pokoknya kalau mau ngerasain VR yang sebenarnya ya Oculus Rift. Benar-benar transport ke dunia lain ..  bahkan mungkin anda tidak ingin kembali ke dunia nyata. Itu aja. Just kidding.

Harga $599 belum termasuk PC yang minimal memiliki graphic card NVIDIA GTX970 atau setara dengan $1000. Jadi total $1600 dana yang harus dikeluarkan untuk dapat menikmati Oculus Rift belum termasuk input.

8. HTC Vive

HTC Vive dengan teknologi Valve mampu menyaingi Oculus Rift. Kelebihannya adalah sudah bisa room tracking dan input. Artinya interaksi di dunia VR sudah sangat lengkap, mau jalan jalan ke sana kemari, melakukan aksi ini itu sudah bisa di HTC Valve. Agak beda dengan Oculus Rift yang masih butuh usaha tambahan untuk merasakan room tracking karena secara umum mendukung mode duduk/berdiri saja.

Dari segi ergonomis dan kenyamanan Oculus Rift masih lebih baik dari Vive, tetapi Vive dikabarkan memiliki FOV sedikit lebih lebar dari Rift. Meski begitu Rift memiliki layar yang lebih tajam dan tanpa SDE (scree door effect) yaitu efek garis-garis yang muncul diantara pixel. Intinya antara Rift dan Vive memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Harga HTC Vive adalah $800 sudah termasuk room tracker dan input, sedangkan untuk spec PC hampir mirip dengan Rift.

 

 


Video Terkait:










Komentar Via Website : 3
cara mengobati tumor ovarium
27 April 2016 - 15:31:26 WIB
semangat untuk hari ini, semoga kita selalu di berikan kesehatan oleh yang maha kuasa, amin

http://goo.gl/sH9AIs
Poppy
05 Juli 2017 - 07:11:23 WIB
Pengobatan Alternatif Pneumonia Secara Tradisional
11 Oktober 2017 - 11:55:07 WIB
Selamat sore dan terimakasih telah menyajikan informasinya pada hari ini ? http://goo.gl/4OHpBe | http://goo.gl/HcvHe6 | http://goo.gl/DMFTpa | http://goo.gl/JMNv8u | http://goo.gl/RswvXP
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)

Tarakan
Plus Plus Computer
Ruko Gusher Block C-10
(pintu keluar Gusher / Ramayana)
Hub. Karmila - 0551-36120

Showroom Plus Plus Computer
Jl. Kh.Dewantara RT.13 (depan Hotel Sejahtera) - Karang Balik
Hub. - 0551 25256

Malinau
Reseller Welcome
Anda ingin menjadi reseller Plus Plus di Malinau? Silahkan menghubungi kami
Hub. 0551 36120
Telp.

Tanjung Selor
MegaPlus Computer
JL.Haji Maskur (depan SDN.02 Tanjung Selor - Bulungan)
Hub. Dessy
Telp. 0551-2024334

082251707049
Nunukan


Hub. 0551 36120 / 0551 25256
Telp.

PLUS PLUS KOMPUTER TARAKAN
Siap Membangun Generasi Melek Teknologi